Untuk merawat type motor sport seperti Ninja 250
keluaran Kawaski ini sebenarnya tidaklah rumit, namun banyak sekali yang
berprasangka jika merawat motor sport itu sangat rumit, sebenarnya itu hanyalah
momok untuk sebagian kalangan yang tidak mengerti, secara
teknis dalam merawat Ninja 250 ini tidaklah rumit, bahkan hampir sama seperti
motor-motor pada umumnya.
Nah disini Sekilas Otomotif akan berbagi tentang Cara Jitu Merawat Motor All Kawasaki Ninja 250 Fi dan 250
Karburator, Agar Performa Tetap Terjaga Dengan
Baik – sehingga umur pemakai tetap
awet dan tetap terjaga peformanya, selengkapnya sebagai berikut :
Dalam perawatan motor sebenarnya semua type motor
sama, namun untuk type motor Sport seperti Kawasaki Ninja 250 ini , harus
Extra-full dan khusus dalam merawatnya. Berikut ini ialah beberapa poin yanga
terdapat, dalam merawat all type Kawasaki Ninja 250 yang perlu di ketahui Sobat
:
Poin pertama ialah pergantian Oli
Lakukan pergantian Oli
mesin secara berkala, di setiap pemakian 1500 Km / 2000 Km. dan lakukan
pemakian Oli yang di anjurkan bengkel resmi dari Kawasaki.
Poin kedua pemakian bahan bakar
Untuk motor
Kawasaki Ninja sendiri, memiliki CC besar ( 250 CC ), gunakan selalu bahan
bakar beroktan tinggi, seperti pertamax, agar pembakarannya lebih sempurna.
Poin ketiga
perawatan khusus pada Karburator
Berikan perawatan khusus pada karbu, bila karburator
mengalami troble segera lakukan pengecekan , karena karbu Ninja 250 ini jenis
karbu VM dan memiliki double (2) karburator, serta jangan lupa juga bersihkan
filter udara, karena filter udara ialah penyaring debu, tentunya banyak debu
yang mengendap, lakukan poin ketiga ini secara berkal.
Poin keempat
perawatan Injeksi
Dan untuk merawat type Ninja 250 Fi (injeksi),
sebenarnya sama hal-nya seperti merawat karburator, disini memilki perbedaan,
sudah jelas sekali untuk type injeksi ini, dalam melakukan pembersihan
(cleaning) tidak bisa secara manual, tetapi jangan khawatir Bro-Sis, ada cara
dalam melakukan pembersihanya yaitu dengan menggunakan alat Cleaning Injektor
yang ada di bengkel resmi khusunya Kawasaki, lakukanlah Cleaning Injektor
secara berkala, dan sesuai dengan ajuran bengkel resmi kawasaki, dan juga wajib
dalam membersihkan filter udara.
Poin kelima
perhatikan tegangan Aki (Accu)
Aki merupakan suplly arus listrik yang harus di
perhatiakan, peran Aki sangatlah penting, karena produk Kawasaki Ninja 250 all
type hanya menggukan Startter jika ingin menghidupkannya, karena untuk produk
kawasaki ninja 250 all type ini, tidak ada yang menggukanakan Kick
Start/Engkol, maka untuk perawatan Aki ini, merupakan poin penting sekali.
Poin keenam
perawatan pada Radiator
Untuk pendinginan pada mesin yang terdapat pada Ninja
250 ini, ialah berpendingin Air, dengan sistem Radiator air yang di
sirkulasikan untuk mendinginkan mesin, melihat dari CC yang besar sangat tak
cukup optimal bila pendinginannya hanya menggukan udara saja. Dan perlu di
ketahui, pada sistem Radiator juga perlu adanya perawatan, contohnya seperti
pergantian Air Radiator secara berkala, atau mengecekan sistem pendinginan
secara berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar